UJI EFEKTIVITAS DIURETIK SERBUK INSTAN EKSTRAK KERING DAUN PUTRI MALU (Mimosa pudica L) PADA MENCIT PUTIH JANTAN (Mus musculus L)

  • Wirsad Yuniuswoyo
  • O. Ahmad Mundzir
  • Najib Nur Fatullah

Abstract

Diuretik adalah suatu zat yang dapat memperbanyak pengeluaran volume urine. Daun Putri Malu mempunyai senyawa kimia flavonoid yang dapat meningkatkan volume urin serta meningkatkan laju kecepatan glomerulus dan menghambat reabsorpsi Na+ dan Clsehingga menyebabkan peningkatan Na+ dan air dalam tubulus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Sediaan Serbuk Instan Ekstrak Kering Daun Putri Malu (Mimosa pudica L.) sebagai Diuretik Pada Mencit Putih Jantan.
Metode penelitian ini adalah eksperimen. Proses ekstraksi daun Putri Malu menggunakan pelarut etanol 70% dengan metode maserasi, kemudian dipekatkan dengan rotary evaporator dan dikentalkan dengan waterbath, kemudian dibuat sediaan serbuk instan, dosis yang diberikan kepada mencit putih jantan yaitu dosis 50 mg/kgbb, 100 mg/kgbb dan 150 mg/kgbb. Suspensi Furosemide sebagai kontrol positif dan larutan serbuk instan tanpa ekstrak kering daun Putri Malu sebagai kontrol negatif. Efektivitas serbuk instan ekstrak kering daun Putri Malu dilihat dari volume pengeluaran urin mencit. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan One-way Anova dan Post Hoc Test. Evaluasi sediaan serbuk instan meliputi uji organoleptis, uji kadar air, uji kadar abu, uji sifat alir dan uji waktu larut.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa serbuk instan ekstrak kering daun Putri Malu mempunyai efektivitas sebagai diuretic dengan dosis yang paling efektif adalah dosis 150 mg/kgbb. Sediaan serbuk instan ekstrak kering daun Putri Malu memenuhi persyaratan evaluasi sediaan serbuk yang baik.

Published
Sep 3, 2021
How to Cite
YUNIUSWOYO, Wirsad; MUNDZIR, O. Ahmad; NUR FATULLAH, Najib. UJI EFEKTIVITAS DIURETIK SERBUK INSTAN EKSTRAK KERING DAUN PUTRI MALU (Mimosa pudica L) PADA MENCIT PUTIH JANTAN (Mus musculus L). Praeparandi : Jurnal Farmasi dan Sains, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 44 - 57, sep. 2021. ISSN 2686-1062. Available at: <http://jurnal.stfypibcirebon.ac.id/index.php/ojs/article/view/120>. Date accessed: 28 mar. 2024.