UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI SABUN PADAT EKSTRAK DAUN SUKUN (Artocarpus altilis (Parkins.) Fosberg) TERHADAP BAKTERI Staphylococcus aureus DAN Escherichia coli

  • Meita Ita Ayuditiawati STF YPIB CIREBON
  • Ahmad Azrul Zuniarto
  • O. Ahmad Mundzir
  • Nur Feggy Tanti Tamala

Abstract

Sabun merupakan garam dari asam lemak yang digunakan sebagai pembersih dan dapat mengandung senyawa antimikroba. Salah satu tanaman tradisional yang memiliki aktivitas antimikroba adalah daun sukun karena mengandung senyawa flavonoid. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang berjudul “Uji Aktivitas Antibakteri Sabun Padat Ekstrak Daun Sukun (Artocarpus altilis (Parkins.) Fosberg) terhadap Bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas sabun padat ekstrak daun sukun (Artocarpus altilis (Parkins.) Fosberg) terhadap bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli.
Ekstrak daun sukun diformulasikan dalam bentuk sabun padat dengan tiga variasi konsentrasi, yaitu 20%, 25%, dan 30%. Uji aktivitas antibakteri sabun padat dilakukan menggunakan metode sumuran lalu dibandingkan terhadap kontrol negatif dan kontrol positif. Hasilnya dianalisis secara statistik dengan uji Kruskall-Wallis dan uji Mann Whitney.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sabun padat ekstrak daun sukun dengan konsentrasi ekstrak 20%, 25%, dan 30% memiliki aktivitas antibakteri dengan rerata diameter hambat untuk bakteri Staphylococcus aureus sebesar 8,51 mm, 9,74 mm, dan 11,38 mm yang termasuk dalam kategori sedang serta untuk bakteri Escherichia coli sebesar 12,3 mm, 13,79 mm, dan 15,53 mm yang termasuk dalam kategori kuat.

Published
Sep 13, 2021
How to Cite
AYUDITIAWATI, Meita Ita et al. UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI SABUN PADAT EKSTRAK DAUN SUKUN (Artocarpus altilis (Parkins.) Fosberg) TERHADAP BAKTERI Staphylococcus aureus DAN Escherichia coli. Praeparandi : Jurnal Farmasi dan Sains, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 28 - 43, sep. 2021. ISSN 2686-1062. Available at: <http://jurnal.stfypibcirebon.ac.id/index.php/ojs/article/view/125>. Date accessed: 25 apr. 2024.