A PENGARUH PENAYANGAN VIDEO TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PENGGUNAAN VITAMIN PADA MASYARAKAT DI PERUMAHAN GSP KECAMATAN KESAMBI KOTA CIREBON

  • Siti Pandanwangi
  • Retno Tresno Sunandi
  • Eka Putri Wulandari STF YPIB CIREBON

Abstract

Vitamin merupakan salah satu zat senyawa kompleks yang sangat diperlukan oleh tubuh kita yang berfungsi sebagai mengatur proses metabolisme dan fungsi normal tubuh.Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui tingkat pengetahuan penggunaan vitamin pada masyarakat sebelum dan sesudah penayangan video.Untuk mengetahui pengaruh penayangan video terhadap tingkat penggunaan vitamin dan Untuk mengetahui perbandingan pengaruh penayangan video terhadap tingkat pemgetahuan penggunaan vitamin pada masyarakat di Perumahan GSP Kecamatan Kesambi Kota Cirebon berdasarkan data demografi.


Desain penelitian ini menggunakan pra-eksperimen studi "one group pretest/posttest”. Pengambilan sampel secara Purposive Sampling dengan sampel 95 responden. Penelitian dilakukan pada bulan Januari-Febuari 2022. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner Pretest Posttest dan video sebagai media edukasi.


Hasil pengujian menggunakan uji T paired sampel test dan nilai sig (2-tailed)<0,005. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan sig (2-tailed) sebesar 0,000. Disimpulkan bahwa hasil tingkat pengetahuan meningkat setelah adanya penayangan video dengan nilai Pretest 64% dan Posttest 86%. Terdapat pengaruh penayangan video terhadap tingkat pengetahuan penggunaan vitamin pada masyarakat di Perumahan GSP Kecamatan Kesambi Kota Cirebon. Berdasarkan data demografi kelompok yang paling berpengaruh adalah pada kelompok pekerjaan wiraswasta dengan hasil selisih Pretest Posttest 1,07.

Published
Aug 16, 2022
How to Cite
PANDANWANGI, Siti; SUNANDI, Retno Tresno; WULANDARI, Eka Putri. A PENGARUH PENAYANGAN VIDEO TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PENGGUNAAN VITAMIN PADA MASYARAKAT DI PERUMAHAN GSP KECAMATAN KESAMBI KOTA CIREBON. PRAEPARANDI : Jurnal Farmasi dan Sains, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 58 - 70, aug. 2022. ISSN 2686-1062. Available at: <http://jurnal.stfypibcirebon.ac.id/index.php/ojs/article/view/188>. Date accessed: 27 nov. 2022.