UJI EFEKTIVITAS ANTIPIRETIK SUSPENSI EKSTRAK DAUN SAWI LANGIT (Vernonia cinerea L.) PADA TIKUS JANTAN (Rattus novergicus)

  • 1 Drs. Cece Supriatna, M.Farm., Apt.
  • Rizki Rahmah Fauzia, S.Farm., M.HKes., Apt.
  • Khotibul Umam

Abstract

Sawi langit adalah salah satu tanaman obat tradisional di Indonesia yang memiliki banyak khasiat. Salah satu khasiat Sawi langit yaitu sebagai obat demam. Telah dilakukan uji efektifitas antipiretik suspensi ekstrak daun Sawi langit (Vernonia cinerea [L.] Less.) pada tikus jantan (Rattus norvegicus).Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas suspensi ekstrak daun Sawi langit sebagai antipiretik dan mengetahui konsentrasi paling efektif dari suspensi ekstrak daun Sawi langit sebagai antipiretik pada tikus jantan. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Hewan uji yang yang digunakan berupa 18 ekor tikus putih jantan yang dibagi ke dalam 6 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 3 ekor tikus. Kelompok kontrol negatif diberikan suspensi CMC, kelompok kontrol positif diberikan Rhelafen, 2 kelompok diberikan ekstrak kental daun Sawi langit masing-masing dengan konsentrasi 10% dan 100%, dan 2 kelompok eksperimental diberikan suspensi ekstrak daun Sawi langit masing-masing dengan konsentrasi 5% dan 10%. Induksi demam pada hewan uji menggunakan vaksin DTP-HB 0,1 ml. Pengukuran suhu rektal dilakukan sebelum dan sesudah pemberian vaksin dan setelah pemberian zat uji berturut-turut pada menit ke-30, 60, 90, 120, 150 dan 180. Hasilnya pemberian suspensi ekstrak daun sawi langit dengan konsentrasi 10% menunjukan penurunan suhu rektal lebih besar dibanding dengan konsentrasi 5%. Pemberian Rhelafen menunjukan penurunan suhu rektal lebih tinggi dibanding dengan suspensi ekstrak daun Sawi langit 10%. Kesimpulannya Suspensi ekstrak daun Sawi langit efektif sebagai antipiretik dan suspensi ekstrak daun Sawi langit yang paling efektif pada konsentrasi 10%.

Published
Jan 8, 2020
How to Cite
M.FARM., APT., 1 Drs. Cece Supriatna,; S.FARM., M.HKES., APT., Rizki Rahmah Fauzia,; UMAM, Khotibul. UJI EFEKTIVITAS ANTIPIRETIK SUSPENSI EKSTRAK DAUN SAWI LANGIT (Vernonia cinerea L.) PADA TIKUS JANTAN (Rattus novergicus). Praeparandi, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 32-38, jan. 2020. Available at: <http://jurnal.stfypibcirebon.ac.id/index.php/ojs/article/view/29>. Date accessed: 29 oct. 2020.