UJI EFEKTIVITAS SUSPENSI EKSTRAK DAUN SONGGOLANGIT (Tridax procumbens L.) TERHADAP PENURUNAN KADAR ASAM URAT PADA TIKUS PUTIH JANTAN

  • Dr. H. Badruzzaman, DEA., Apt
  • Dra. Hj. Eti Haryati, M.Pd.
  • Hendrik Susanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan pada kadar berapa ekstrak daun Songgolangit (Tridax procumbens L.) dapat menurunkan kadar asam urat pada tikus putih jantan. Penelitian ini didasarkan pada suatu permasalahan penyakit asam urat yang banyak menyerang penduduk Indonesia. Penyakit ini merupakan hasil akhir dari katabolisme (pemecahan) suatu zat yang bernama purin. Asam urat merupakan hasil penumpukan dari zat purin yang berlebihan. Zat purin adalah zat alami yang merupakan hasil metabolisme dari DNA dan RNA. Telah dilakukan pengujian efektivitas ekstrak dau Songgolangit (Tridax procumbens L.) terhadap penurunan kadar asam urat pada tikus putih jantan yang diinduksi kalium bromat. Uji dilakukan terhadap 50 ekor tikus putih jantan menggunakan metode statistik dengan berbagai konsentrasi ekstrak daun Songgolangit 15%, 20%, 25%, suspensi Alopurinol dan suspensi CMC 1%. Diperoleh perbedaan pada setiap konsentrasi ekstrak daun Songgolangit, konsentrasi paling efektif dalam menurunkan kadar asam urat pada tikus putih jantan adalah pada konsentrasi 15%, karena bahan yang dibutuhkan lebih sedikit dan sudah mempunyai efektivitas yang sama dengan kontrol positif.

Published
Jan 9, 2020
How to Cite
DEA., APT, Dr. H. Badruzzaman,; M.PD., Dra. Hj. Eti Haryati,; SUSANTO, Hendrik. UJI EFEKTIVITAS SUSPENSI EKSTRAK DAUN SONGGOLANGIT (Tridax procumbens L.) TERHADAP PENURUNAN KADAR ASAM URAT PADA TIKUS PUTIH JANTAN. Praeparandi, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 72-79, jan. 2020. Available at: <http://jurnal.stfypibcirebon.ac.id/index.php/ojs/article/view/33>. Date accessed: 28 oct. 2020.