UJI EFEKTIVITAS SALEP KOMBINASI EKSTRAK DAUN KEDONGDONG (Spondias dulcis Forts) DAN DAUN MENGKUDU (Morinda citrifollia L.) TERHADAP LUKA BAKAR PADA TIKUS PUTIH JANTAN

  • Cece Supriatna
  • Ade Mira Apriani

Abstract

Luka adalah suatu hal yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan seharihari termasuk luka bakar. Salah satu tanaman yang dikenal dapat mengobati luka yaitu Kedondong (Spondias dulcis Forts) dan Mengkudu (Morinda citrifollia L). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Salep Kombinasi Ekstrak Daun Kedondong (Spondias dulcis Forts) Dan Daun Mengkudu (Morinda citrifollia L) mempunyai efektivitas terhadap luka bakar pada tikus putih jantan, untuk mengetahui apakah sediaaan salep ekstrak kombinasi daun Kedondong (Spondias dulcis Forst) dan daun Mengkudu (Morinda citriffolia L.) stabil pada pengujian pada suhu dan waktu tertentu. Ekstrak daun kedondong dan ekstrak daun mengkudu didapat dengan cara maserasi. Penelitian diawali dengan mencukur bulu tikus kemudian tikus dilukai dengan menggunakan plat besi panas untuk luka bakar. Selanjutnya pemberian perlakuan yang diawali dengan uji salep ekstrak kombinasi daun mengkudu dan daun kedondong 5% 10% (X1), salep ekstrak kombinasi daun mengkudu dan daun kedondong 7,5% 7,5% (X2) , salep ekstrak kombinasi daun mengkudu dan daun kedondong 10% 5% (X3). Dalam penelitian ini, salep ekstrak kombinasi daun mengkudu dan daun kedondong 5% 10% (X1) sudah menunjukan efektivitas pada penyembuhan luka bakar pada tikus putih jantan. Salep ekstrak kombinasi daun mengkudu dan daun kedondong 7,5% 7,5% (X2) menunjukan efektivitas pada penyembuhan luka bakar pada tikus putih jantan. salep ekstrak kombinasi daun mengkudu dan daun kedondong 10% 5% (X3) juga menunjukan efektivitas pada penyembuhan luka bakar pada tikus putih jantan. salep ekstrak kombinasi X1, X2, dan X3 tidak terdapat perbedaan efektivitas terhadap ketiganya.

Published
Jan 11, 2020
How to Cite
SUPRIATNA, Cece; APRIANI, Ade Mira. UJI EFEKTIVITAS SALEP KOMBINASI EKSTRAK DAUN KEDONGDONG (Spondias dulcis Forts) DAN DAUN MENGKUDU (Morinda citrifollia L.) TERHADAP LUKA BAKAR PADA TIKUS PUTIH JANTAN. Praeparandi, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 80-88, jan. 2020. Available at: <http://jurnal.stfypibcirebon.ac.id/index.php/ojs/article/view/34>. Date accessed: 28 oct. 2020.