UJI EFEKTIVITAS SALEP EKSTRAK DAUN LAMTORO (Leucaena Glauca L. Benth) TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA SAYAT PADA TIKUS PUTIH JANTAN

  • H. Ahmad Azrul Zuniarto, M.Farm., Apt.
  • Evi Alfiah

Abstract

Daun Lamtoro (Leucaena Glauca L. Benth) merupakan tanaman yang berasal dari famili fabaceae adalah tanaman yang ditemukan memiliki berbagai macam manfaat diantaranya yaitu dapat menyembuhkan luka. Kandungan senyawa kimia yang terdapat pada daun Lamtoro (Leucaena Glauca L. Benth) yang dapat menyembuhkan luka yaitu flavonoid. Tujuan dari penelitian ini adalah salep ekstrak daun Lamtoro (Leucaena Glauca L. Benth) memiliki efektivitas terhadap luka sayat pada tikus putih jantan, untuk mengetahui konsentrasi salep ekstrak daun Lamtoro (Leucaena Glauca L. Benth) yang paling efektif terhadap penyembuhan luka sayat pada tiku putih jantan serta untuk mengetahui salep ekstrak daun Lamtoro (Leucaena Glauca L. Benth) yang memiliki stabilitas terbaik pada penyimpanan pada suhu dan waktu tertentu. Dalam penelitian ini proses ekstraksi daun Lamtoro (Leucaena Glauca L. Benth) menggunakan cara maserasi dengan pelarut alkohol 70%. Hasil ekstraksi akan di formulasikan dalam bentuk salep dengan konsentrasi 10%, 15%, 30%. Tikus yang dibuat luka sayat dioleskan salep ekstrak daun Lamtoro (Leucaena Glauca L. Benth) pada pagi dan sore hari. Hasil dari kesembuhan luka sayat kemudian dianalisis menggunakan uji ANOVA satu arah meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji ANOVA satu arah serta uji t-test. Salep ekstrak daun Lamtoro (Leucaena Glauca L. Benth) menunjukan efektivitas terhadap luka sayat, dan salep ekstrak daun lamtoro dengan konsentrasi 15% dan 30% yang memiliki perbedaan yang signifikan dengan kontrol positif. Hasil stabilitas sediaan salep ekstrak daun Lamtoro (Leucaena Glauca L. Benth) stabil pada suhu 0oC, 25oC, sedangkan pada suhu 60oC tidak stabil.

Published
Jan 14, 2020
How to Cite
ZUNIARTO, M.FARM., APT., H. Ahmad Azrul; ALFIAH, Evi. UJI EFEKTIVITAS SALEP EKSTRAK DAUN LAMTORO (Leucaena Glauca L. Benth) TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA SAYAT PADA TIKUS PUTIH JANTAN. Praeparandi, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 115-131, jan. 2020. Available at: <http://jurnal.stfypibcirebon.ac.id/index.php/ojs/article/view/37>. Date accessed: 29 oct. 2020.