UJI EFEKTIVITAS SUSPENSI KOMBINASI EKSTRAK KULIT BUAH TERONG UNGU ( Solanum melongena L) DAN DAUN JAMBU BIJI (Psidium guajava L) SEBAGAI PENURUN KADAR KOLESTEROL PADA TIKUS PUTIH (Rattus novergicus)

  • Siti Pandanwangi
  • Dian Oktaviani
  • Dian Oktaviani

Abstract

Kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah atau yang disebut dengan hiperkolesterolemia merupakan salah satu dari beberapa faktor risiko utama penyakit jantung koroner. Hiperkolesterolemia timbul karena adanya peningkatan kadar kolesterol LDL. Salah satu bahan alam yang dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol secara empiris adalah penggunaan kulit buah terong ungu (Solanum melongena L) dan daun jambu biji (Psidium guajava L). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan pada dosis berapa suspensi ekstrak kombinasi kulit buah terong ungu (Solanum melongena L) dan daun jambu biji (Psidium guajava) dapat menurunkan kadar kolesterol pada tikus putih jantan (Rattus norvegicus) yang diinduksi dengan propiltiourasil dan kuning telur ayam negeri. Pengujian efektivitas penurunan kadar kolesterol dilakukan pengamatan sebanyak lima kali pengecekan yang diawali dengan pengecekan kadar sebelum induksi, lalu di cek kembali setelah diinduksi, kemudian pengujian efektivitas suspensi kombinasi ekstrak kulit buah terong ungu (Solanum melongena L) dan daun jambu biji (Psidium guajava) dan kontrol positif simvastatin dan kontrol negatif suspensi CMC Na 1%. Hasil penelitian penurunan kadar kolesterol pada tikus putih jantan menunjukan bahwa suspensi kombinasi ekstrak kulit buah terong ungu (Solanum melongena L) dan daun jambu biji (Psidium guajava) yang paling efektif terhadap penurunan kadar kolesterol pada tikus putih jantan (Rattus norvegicus) dengan dosis 50mg/200gBB/hari : 40mg/200gBB/hari. Simpulan adalah bahwa suspensi kombinasi suspensi ekstrak kulit buah terong ungu dan daun jambu biji dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Published
Jan 14, 2020
How to Cite
PANDANWANGI, Siti; OKTAVIANI, Dian; OKTAVIANI, Dian. UJI EFEKTIVITAS SUSPENSI KOMBINASI EKSTRAK KULIT BUAH TERONG UNGU ( Solanum melongena L) DAN DAUN JAMBU BIJI (Psidium guajava L) SEBAGAI PENURUN KADAR KOLESTEROL PADA TIKUS PUTIH (Rattus novergicus). Praeparandi : Jurnal Farmasi dan Sains, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 166-178, jan. 2020. ISSN 2686-1062. Available at: <http://jurnal.stfypibcirebon.ac.id/index.php/ojs/article/view/41>. Date accessed: 20 apr. 2024.