UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN KRIM EKSTRAK KULIT PEPAYA (Carica papaya L.) DENGAN METODE DPPH (2,2-difenil-1-pikril hidrazil)

  • Subagja M.Si., Apt.
  • M. Azka Hanapi

Abstract

Antioksidan adalah senyawa yang dapat menghambat aktivitas radikal bebas. Salah satu tanaman di Indonesia yang mempunyai aktivitas sebagai antioksidan adalah buah pepaya (Carica papaya L.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antioksidan sediaan krim esktrak kulit pepaya (Carica papaya L.) yang diukur dengan menggunakan metode DPPH. Ekstrak kulit buah pepaya (Carica papaya L.) diperoleh dengan cara maserasi menggunakan pelarut alkohol 70% dan dibuat sediaan krim menggunakan variasi konsentrasi esktrak kulit pepaya (Carica papaya L.) pada formula I, II, dan III yaitu 5%, 10%, dan 20%. Pengujian aktivitas antioksidan krim ekstrak kulit buah pepaya (Carica papaya L.) menggunakan metode DPPH dengan larutan pembanding vitamin C. Vitamin C dibuat seri konsentrasi 1, 2, 4, 6, dan 8 ppm didapatkan persentase hambatan 2,58%, 8,27%, 25%, 30,34%, dan 36,37%. Evaluasi krim meliputi uji organoleptis, uji pH, uji daya sebar, uji daya lekat, uji homogenitas, dan uji iritasi. Stabilitas krim menggunakan metode Cycling test pada suhu 4 dan 40 . Analisis penelitian menggunakan One Way ANOVA spss versi 21. Langkah awal dalam analisis data melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji One Way ANOVA dengan taraf kepercayaan 95% (0,05) dapat disimpulkan bahwa krim esktrak kulit pepaya (Carica papaya L.) pada formula I, II, dan III tidak efektif sebagai antioksidan. Kata Kunci : Antioksidan, Ekstrak Kulit Pepaya (Carica papaya L.), DPPH (2,2- difenil-1-pikril hidrazil)

Published
Jan 28, 2020
How to Cite
M.SI., APT., Subagja; HANAPI, M. Azka. UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN KRIM EKSTRAK KULIT PEPAYA (Carica papaya L.) DENGAN METODE DPPH (2,2-difenil-1-pikril hidrazil). Praeparandi : Jurnal Farmasi dan Sains, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 47-61, jan. 2020. ISSN 2686-1062. Available at: <http://jurnal.stfypibcirebon.ac.id/index.php/ojs/article/view/47>. Date accessed: 27 apr. 2024.