Pengaruh Penayangan Video terhadap Tingkat Pengetahuan Penggunaan Vitamin pada Masyarakat di Perumahan Nuansa Majasem Kecamatan Kesambi Kota Cirebon

  • Ahmad Azrul Zuniarto
  • Fitri Zakiah
  • Wirsad Yuniuswoyo
  • Soni Suharmono
  • Elis Karlina STF YPIB Cirebon

Abstract

Vitamin merupakan golongan zat gizi esensial dalam tubuh yang terlibat dalam banyak fungsi fisiologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penayangan video terhadap tingkat pengetahuan penggunaan vitamin, untuk mengetahui tingkat pengetahuan penggunaan vitamin sebelum dan setelah penayangan video, dan untuk mengetahui perbandingan pengaruh penayangan video terhadap tingkat pengetahuan penggunaan vitamin di Perumahan Nuansa Majasem Kecamatan Kesambi Kota Cirebon berdasarkan data demografi.


Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimen one group pretest posttest. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling dengan sampel 94 responden. Penelitian dilakukan pada Januari-Februari 2022. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dan video.


Hasil pengujian menggunakan uji T paired sample test dengan nilai sig (2-tailed) <0,05. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penayangan video terhadap tingkat pengetahuan penggunaan vitamin pada Masyarakat Perumahan Nuansa Majasem Kecamatan Kesambi Kota Cirebon. Tingkat pengetahuan meningkat setelah penayangan video dengan nilai pretest 70% dan posttest 85%. Berdasarkan data demografi, kelompok yang paling berpengaruh paling tinggi adalah jenis kelamin yaitu Laki-laki dengan nilai selisih 0,93. 

Published
Dec 23, 2022
How to Cite
ZUNIARTO, Ahmad Azrul et al. Pengaruh Penayangan Video terhadap Tingkat Pengetahuan Penggunaan Vitamin pada Masyarakat di Perumahan Nuansa Majasem Kecamatan Kesambi Kota Cirebon. Praeparandi : Jurnal Farmasi dan Sains, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 58 - 70, dec. 2022. ISSN 2686-1062. Available at: <https://jurnal.stfypibcirebon.ac.id/index.php/ojs/article/view/185>. Date accessed: 21 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.58365/ojs.v6i1.185.