TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG TOGA DENGAN PEMANFAATAN TOGA PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK STUNTING

  • Siti Pandanwangi TW Prodi S1 Farmasi Kampus Cirebon, Fakultas Farmasi, Universitas YPIB Majalengka
  • Yenny Sri Wahyuni Prodi S1 Farmasi Kampus Cirebon, Fakultas Farmasi, Universitas YPIB Majalengka
  • Ahmad Azrul Zuniarto
  • Rai Fadiilah Akbar Prodi S1 Farmasi Kampus Cirebon, Fakultas Farmasi, Universitas YPIB Majalengka
  • Tatik Sofiyani Suhada Prodi S1 Farmasi Kampus Cirebon, Fakultas Farmasi, Universitas YPIB Majalengka

Abstract

Pengetahuan tentang tanaman obat keluarga sudah ada sejak jaman dahulu. Diantara manfaat dan kegunaannya baik untuk upaya peningkatan kesehatan, mencegah dari penyakit, penyembuhan penyakit dan pemulihan. Berdasarkan hasil laporan nasional Riset Kesehatan Dasar tahun 2018, proporsi pemanfaatan TOGA di Indonesia sebesar 24,6%. Pemanfaatan TOGA untuk kesehatan balita dapat diawali dari tanaman yang ada di pekarangan rumah atau di lingkungan tempat tinggal. Dengan pengetahuan yang benar tentang pemanfaatan TOGA bagi kesehatan balita akan mendorong peningkatan pengobatan balita yang sakit maupun mencegah sakit dengan meningkatkan daya tahan tubuh balita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan tentang TOGA dengan perilaku pemanfaatan TOGA pada ibu anak stunting.


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode observasional analitik dengan jenis penelitian cross sectional. Sampel yang digunakan sebanyak 50 responden ibu anak stunting. Data dikumpulkan melalui kuesioner penelitian.


Hasil uji tingkat pengetahuan tentang TOGA terdapat 44 responden dengan pengetahuan baik (88%). Perilaku pemanfaatan TOGA dengan kategori cukup 26 responden (52%). Hasil analisis menggunakan uji korelasi Rank Spearman terdapat hubungan tingkat pengetahuan tentang TOGA dengan perilaku pemanfaatan TOGA pada ibu anak stunting dengan nilai p-value sebesar 0,001, korelasi sedang (0,455) dengan arah korelasi positif.

Published
Mar 1, 2024
How to Cite
TW, Siti Pandanwangi et al. TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG TOGA DENGAN PEMANFAATAN TOGA PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK STUNTING. Praeparandi : Jurnal Farmasi dan Sains, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 49-60, mar. 2024. ISSN 2686-1062. Available at: <https://jurnal.stfypibcirebon.ac.id/index.php/ojs/article/view/259>. Date accessed: 21 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.58365/ojs.v7i2.259.